MEMAHAMI MANAJEMEN PEMASARAN
Para pemimpin yang harus merencanakan masa depan perusahaannya di tantan untuk menemukan suatu jalur yang mauk akal.
Ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan.:
1. Kekuatan Globall akan terus mempengaruhi kehidupan binis dn pribadi seseorang.
2. Teknologi akan terus maju dan akan mengagumkan bagi kita .
3. Ada dorongan terus menerus ke arah deregulasi sektor ekonomi .
( Seorang pemimipin harus berfikir yang efisien dan efektif.)
LINGKUP PEMASARAN.
v Pemasaran biasanya dilihat sebagai tugas menciptakan , mempromosikan serta menyerahkan barang dan jasa ke konsumen dan dunia bisnis.
v Pemasaran yang efektif dapat di lakukan melalui banyak bentuk , bisa berbentuk entrepreneurial, terformulasi atau intreprenaurial.
v Pemasaran memasarkan banyak jenis entetitas :barang , jasa, pengayaan, pengalaman, peristiwa sejarah, pribadi, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi, gagasan.
PERLUASAN PANDANGAN MENGENAI TUGAS PEMASARAN.
· Para pemasar merupakan orang – orang yang terampil dalam mengelola permintaan
· Untuk melakukan itu, merka menghadapi sekelompok keputusan.
· Mereka juga beroperasi dalam empat pasar yang berbeda yaitu:
Pelanggan , perusahaan, global, dan Nirlaba
Keputusan – keputusan yang dihadapi
1. Apa yang di produksi dan berapa harus memproduksi
2. Biaya ( biaya tetap dan biaya variabel)
3. Harga
(Nirlaba adalah perusahaan atau organisasi bisnis namun bukan profit oriented)
MENDEFINISIKAN PEMASARAN :
o Pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan di inginkan dengan menciptakan , menawarkan , dan secara bebas mepertukarkan produk yg bernilai dengan pihak lain.
Pemasaran dapat kita lihat menjadi dua :
1. Sosial = beradapatasi di masyarakat
2. Manajerial = seni di bidang menjual
o Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran , penetapan, harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran – sasaran individu dan organisasi.
KONSEP PEMASARAN INTI
v Bagi setiap pasar sasaran yang di pilih , sebuah perusahaan mengembangkan satu tawaran pasara yang di posisikan dalam pikiran pembeli sebagai memberikan beberapa manfaat utama.
v Para pemasar harus memahami kebutuhan , keinginan , dan permintaan pasar sasaran, (sebuah produk atau tawaran itu akan berhasil jika memberikan nilai dan kepuasan kepada pembeli sasaran)
PERTUKARAN DAN TRANSAKSI
v Pertukaran mencakup perolehan suatu produk yang di inginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
v Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua atau lebih pihak yang mencakup sekurang - kurangnya dua persyaratan bernilai dan di sepakati , waktu kesepakatan, dan tempat kesepakatan.
SALURAN PEMASARAN
Para pemasar mencapai pasar melalui berbagai saluran yaitu : komunikasi, distribusi, dan penjualan.
1. Komunikasi (cumunicational cannel) digunakan untuk menyerahkan dan menerima pesan dari pembeli sasaran.
2. Distribusi : untuk memamerkan atau menyerahkan produk fisik dan saluran distribusi jasa.
3. Penjualan : untuk mempengaruhi transaksi dengan pembeli potensial.
(Pembeli potensial adalah pembeli yang hanya melihat – lihat terlebih dahulu , masuk ke toko tapi tidak membeli )
ORIENTASI PERUSAHAAN KE ARAH PASAR
v Ada lima konsep yang besaing yang digunakan oleh organisasi yang di gunakan oleh organisasi utnuk memilih cara memilih cara bisnis yang mereka lakukan : konsep produksi, kosep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran masyarakat.
1. Konsep Produksi : Menegaskan bahwa konsumen akan lebih mnyukai yang tersedia secara luas dan murah.
2. Konsup Produk : Menegaskan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan cirri yg paling bermutu , berkinerja , atau inovatif
3. Konsep Penjualan : Berkeyakinan bahwa para konsumen dan perushaan bisnis , jika dibiarkan , tidak akan secara teratur membeli membeli cukup banyak produk- produk yang di tawarkan oleh organisasi tertentu .Oleh karena itu organisasi tersebut harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep Pemasaran : menegaskan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi yang di tetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif di bandingkan para pesaing dalam menciptakan , menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang di pilih.
5. Konsep Pemasaran Masyarakat : menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan , keinginan dan minat dari pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang di inginkan secara lebih efektif dan efesien.
MEMBANGUN KEPUASAN, NILAI , DA UPAYA MEMPERTAHANKAN PELANGGAN
NILAI PELANGGAN:
Pelanggan adalah pohak yang memaksimumkan nilai , Nilai Bagi Pelanggan ( Costumer delivered value )
Tertinggiadalah selisih antara total nilai pelanggan dan total biaya pelanggan.
Nilai pelanggan total ( Total costumer value ) adalah sekumpulan manfaat yang di harapkan oleh pelanggan dari produk atau jasa tertentu.
Biaya pelanggan total ( total costumer cost ) adalah sekumpulan biaya yang diharapkan oelh konsumen yang di keluarkan untuk mengevalluasi mendapatkan menggunakan dan membuang produk atau jasa .
KEPUASAN PELANGGAN :
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang munul stelah membandingkan antara presepsi / kesan nya terhadap keinerja ( hasil ) suatu produk dan harpan – harapannya.
PERANGKAT UNTUK MELACAK DAN MENGUKUR KEPUASAN PELANGGAN
· Sistem Keluhan dan saran.
Sebuah Perusahaan yang berfokus kepada pelanggannya untuk memberikan saran dan keluhan.
· Survei kepuasan pelanggan.
Perusahaan mengirimkan daftar pertanyaan atau menelpon pelanggan – pelanggan terakhir mereka sebagai sampel acak.
· Belanja Siluman
Perusahaan – perusahaan dapt membayar orang – orang untuk bertindak sebagai pembeli potensial guna melaporkan hasi temuan mereka tentang kekuatan dan kelemahan yang mereka alami.
· Analisis Pelanggan yang hilang
Perusahaan – perusahaan haurs menghubungkan para pelanggan yang berhenti membeli atau berganti membeli atau berganti pemasok untuk mempelajari sebabnya.
MENARIK DAN MEMPERTAHANKAN PELANGGAN



1. Pemasaran berdasarkan hubungan
2. Menambah ikatan structural
3. Menambah Manfaat Uang
4. Menambah Manfaat Sosial
ü PEMASARAN BERDASARKAN HUBUNGAN
Lima jenis tingkat investasi perusahaan untuk mengembangkan hubungan :
1. Pemasaran Dasar : Wiraniaga menjual produknya begitu saja
2. Pemasaran Bertanggung Jawab : Wiraniaga menghubungi pelanggan segera setelah Penjualan
3. Pemasaran Reaktif : Wiraniaga menjualnya dan mendorong Pelanggan untuk menghubungi jika mempunyai pertanyaan, komentar atau keluhan.
4. Pemasaran Periodik : Wiraniaga perusahaan menghubungi pelanggan secara periodic untuk member itahukan tentang penggunaan produk yang lebih baik atau produk yang memudahkan pekerjaan .
5. Pemasaran Kemitraan : Perusahaan terus bekerjasama dengan pelanggan untuk menemukan cara penghematan bagi pelanggan atau membantu pelanggan supaya bekerja dengan baik.
ü Untuk menambah kepuasan pelanggan maka perusahaan akan menambaha manfaat seperti
1. Menambah Struktural : Perusahaan mungkin akan memberikan kepada pelanggan alat khusus untuk hubungan computer yang menolong pelanggan mengelola pesanan , pengupahan, persediaan, dan lain – lainnya.
2. Menambah Manfaat Keuangan : Dua manfaat keuangan yang dapat di tawarkan oleh perusahaan adalah :
§ Program Pemasaran Frekuensi (frequency marketing program – FMPs ) adalah di rancang untuk memeberikan imbalan bagi pelanggan yang sering membeli atau membeli dalam jumlah besar .
§ Program pemasaran klub pemasar adalah untuk mengikat pelanggan untuk lebih erat pada perusahaan
3. Menambah manfaat social : Perusahaan berusaha meningkatkan ikatan social mereka dengan para pelanggan dengan cara membangun hubungan dengan pelanggan mereka secara lebih pribadi , misalnya mempertentangkan pendekatan yang sensitive dan yang tidak sensitive secara social kepada pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar